Periferal
merupakan semua peralatan yang terhubung dengan komputer. Berdasarkan kegunaannya periferal terbagi menjadi dua,
yaitu:
-
Periferal utama (main peripheral), yaitu peralatan yang harus ada dalam
pengoperasikan komputer. Contoh periferal utama, adalah monitor, keyboard, dan
mouse.
-
Periferal pendukung (auxillary peripheral) yaitu peralatan yang tidak
mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan
tertentu. Contohnya adalah printer, scanner, modem, web cam, dan lain-lain.
Adapun
berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer, periferal
terbagi menjadi:
1.
Input Device
Input
device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dapat
berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem
komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer.
Adapun
maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang
dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data
juga dapat untuk memasukkan program.
Peralatan
yang berfungsi sebagai alat input dapat dibedakan menjadi dua, yaitu alat input
langsung dan tidak langsung. Alat input langsung, yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak langsung
melalui media tertentu sebelum input diproses oleh alat pemroses.
Alat
input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya
mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya
magnetic ink character recognition, optical data reader, atau optical character
recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer
(misalnya microphone). Adapun alat input tidak langsung seperti keypunch yang
dilakukan melafui media punched card (kartu plong), key-totape yang merekam
data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan
keyto-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau
harddisk) sebelum diproses lebih lanjut
a.
Keyboard
Jika
mendengar kata "keyboard" maka pikiran kita tidak lepas dari adanya
sebuah komputer. Nal ini karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri
atas tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya
pada komputer.
Pada
keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alfabet) A-Z, a-z, angka 0-9, tombol dah
karakter khusus seperti: '_ @#$%^&*()_+=<>/, . ?:;"'I, tombol
fungsi (F1-F12) serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya
adalah 104 tuts. Adapun pada mesin ketik biasajumlah tutsnya hanya 52 buah.
Bentuk keyboard umumnya persegi, namun telah dikembangkan menjadi sangat
variatif.
Keyboard
pada dasarnya hampir sama bentuk dan fungsinya dengan mesin ketik. Perbedaannya
terletak pada hasil output atau tampilannya. Jika kita menggunakan mesin ketik,
kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa yang sudah diketikkan dan
setiap satu huruf atau simbol yang diketikkan akan terlihat hasilnya langsung
pada
kertas.
Tidak demikian ddngan keyboard. Apapun yang diketikkan, hasil atau keluarannya
akan terlihat di iayar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat
memodifikasi atau melakukan perubahan bentuk tulisan, kesalahan pengetikan, dan
lainnya. Keyboard dihubungkan ke komputer dengan kabel yang terdapat pada
keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU
komputer.
b.
Mouse
Penunjuk
(pointer) disebut dengan mouse yang dapat digerakkan ke mana saja
berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita
membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan
terlihat dua pengendali gerak, yaitu yang searah horizontal (mendatar) dan satu
lagi vertikal (atas dan bawah). Jika keduanya digerakkan akan menjadi gerak
diagonal. Berdasarkan gerakan mouse ini, maka gerakan tanda panah atau penunjuk
akan dapat terlihat di layar monitor. Namun sekarang ini banyak yang
menggunakan mouse optic, yaitu bola kecil tersebut diganti menjadi optik
sinar merah yang dapat melacak arah pergerakan mouse.
Pada
sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi hanya dua tombol yang
berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan kanan. Penekanan tombol atau yang
disebut click berpengaruh atau bergantung pada daerah atau objek yang kita
tunjuk. Kamputer akan mengabaikan penekanan tombol atau click yang tidak
mengenai area atau objek yang tidak penting.
Penggunaan
mouse yang lain disebut drag yang artinya menggeser atau menarik. Biasanya
dilakukan dengan menekan tombol kiri tanpa melepaskan sambil menggesernya.
Akibatnya objek pada layar monitor akan berpindah atau tersalin ke objek lain.
Kemungkinan lain dapat terjadi bergantung aplikasi lain yang dijalankan. Di
bagian tengah ada suatu scroll (penggulung kecil) tambahan, kebanyakan mouse
masa kini telah memilikinya. Fungsinya untuk menggulung tampilan yang kita
baca, misalnya pada Microsoft Word ke atas maupun ke bawah. Mouse_ terhubung
pada komputer dengan sebuah kabel yang ada di mouse. Ujung kabel tersebut
dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer. Biasanya port mouse dan
keyboard terdapat bersebelahan satu sama lainnya.
c.
Scanner
Scanner
adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Pada
mesin fotokopi hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas. Adapun pada scanner
hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu. Kemudian baru diubah
atau dimodifikasi sehingga tampilannya menjadi bagus. Setelah itu dapat
disimpan sebagai file text, dokumen; atau gambar. Kebanyakan scanner dijalankan
pada 1-bit (binary digit/angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24-bit (lebih
dari 16 juta warna). Jika kita membutuhkan hasil yang baik, maka dianjurkan
menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan
bagus.
d. Digital camera dan webcam
Salah
satu input device yang sedang marak belakangan ini adalah digital camera.
Dengan alat ini, untuk memasukkan data berupa gambar apa saja dengan ukuran
relatif cukup besar ke komputer terasa lebih mudah. Berbagai jenis gambar dapat
ditransfer, mulai dari gambar statis atau foto maupun yang dinamis atau
bergerak seperti video.
Fungsi
webcam sama dengan digital camera, namun bedanya webcam juga dapat digunakan
untuk berbicara langsung secara online melalui koneksi internet sehingga
lawan bicara dapat melihat wajah kita melalui layar monitornya.
e. Mic (microphone)
Kalau
kamera digunakan untuk memasukkan input gambar (dan suara), rnaka mic digunakan
hanya untuk memasukkan input suara. Penggunaan mic tentu saja memerlukan
perangkat keras tambahan untuk menerima input suara. Perangkat keras tersebut
adalah sound card, yaitu bagian yang mengatur pengolahan suara agar
dapat menerima input suara dan meneruskan ke output berupa speaker untuk
mendengarkan hasil rekaman suara. Sekarang ini biasanya headset sudah mencakup
untuk mendengarkan suara dan mic untuk menerima input suara.
f. Barcode reader
Barcode
reader adalah alat yang bekerja seperti scanner, yakni memindai barcode
sehingga barcode tersebut dapat dibaca oleh komputer. Untuk membaca barcode
semacam itu kita memerlukan barcode reader yang terlihat seperti pada gambar.
g.
Joystick
Joystick
digunakan untuk memasukkan perintah pada saat kita menjalankan game komputer.
Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang dapat kita gerakkan ke beberapa
arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di bagian atas.
h.
Trackball
Trackball
memiliki fungsi sama seperti joystick, yaitu untuk memasukkan perintah pada
saat kita memainkan game komputer. Pada alat ini terdapat bola berukuran cukup
besar, sehingga mudah digerakkan saat bermain game.
i. Touch screen
Touch
screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan
data maupun instruksi ke komputer rnelalui sentuhan. Kamu dapat menjumpai touch
screen di tempattempat umum yang menyediakan informasi untuk umum atau di
mesin ATM.
2.
Output Device
Output
yang dihasilkan dibedakan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka,
simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain
yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama
adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan
terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari
komputer. Peralatan output dapat berupa:
-
Hard-copy device
Alat
yang digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar pada media keras seperti
kertas. Contoh printer dan plotter.
-
Soft-copy device
Alat
yang digunakan untuk menampilkan'tulisan dan gambar pada media lunak yang
berupa sinyal elektronik. Contoh video display, flat panel, dan speaker.
-
Drive device atau driver
Alat
yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh
mesin pada media, seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi
ganda, yaitu sebagai alat output dan juga sebagai alat input. Contoh disk drive
dan tape drive.
a. Printer dan plotter
Printer
dan plotter termasuk jenis hard copy device, karena keluaran hasil proses
dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran,
serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam.
Akan tetapi untuk mencetak di atas kertas ukuran besar, disarankan menggunakan
platter.
Jenis
jenis printer antara lain:
1. Dot matrix printer
Printer
dot matrix adalah jenis printer yang menggunakan pita dan alat tulisnya berupa
jarum, mirip dengan mesin ketik. Meski printer ini sudah jarang digunakan, namun
kalangan bisnis dan perkantoran masih banyak yang menggunakan karena hemat
tinta dan dapat menghasilkan cetakan rangkap (misalnya untuk faktur dan
kuitansi).
2. Inkjet printer
Printer
inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair yang disemprotkan ke atas
kertas sesuai pola yang ditentukan oleh komputer.
3. Laser printer
Printer
laser adalah jenis printer yang menggunakan tinta serbuk, serupa dengan mesin
fotokopi. Tinta serbuk tersebut disemprotkan ke atas kertas dan dipanaskan hingga
suhu tertentu agar melekat. Di antara ketiga jenis printer tersebut, printer
laser memiliki kualitas cetakan yang paling baik.
b. Monitor
Salah
satu jenis soft copy device, karena keluarannya berupa sinyal elektronik, dalam
hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Ukuran monitor beragam
layaknya monitor televisi. Jenisjenis monitor sekarang ini sudah sangat
beragam, mulai dari bentuk besar layar cembung sampai dengan bentuk tipis layar
datar (flat).
3.
Peralatan Komunikasi
Peralatan
komunikasi adalah alat yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan
sebuah jaringan. Peralatan ini dapat berupa hardware ataupun software.
Peralatan
komunikasi itu antara lain:
1.
Network Card (LAN Card) 8. Bridge
2.
Modem
9. Switch
3.
Multiplexer
10. Hub
4.
ISDN Terminal Adapter 11. Repeater
5.
Line Driver
12. Proxy
6.
Gateway
13. Firewall
7.
Router
14. Network Address Translator
Di
sini kita tidak akan membahas lebih dalam tentang peralatan komunikasi, cukup
membahas dua hardware yang paling umum terdapat di sebuah komputer yaitu
Network Card (LAN Card) dan modem.
a.
Network Card (LAN Card)
Network
Card atau yang biasa disebut sebagai LAN Card adalah sebuah perkakas hardware
yang dirancang untuk mengizinkan kamputerberkomunikasi dengan sebuah jaringan
komputer. Ada beberapa motherboard PC yang sudah memiliki Network Card di
dalamnya, tetapi ada juga yang tidak punya, sehingga kita harus memasangkannya
di PCl atau PCI Express di motherboard tersebut.
b. Modem
Modem
merupakan singkatan dari Modulate dan Demodulate adalah alat yang memodulasi
sinyal analog menjadi digital dan juga sebaliknya. Tujuan utamanya adalah untuk
memroduksi sinyal yang dapat ditransmisikan dengan mudah dan informasi yang
dikirim dapat dibaca dengan baik.
Modem
ini digunakan jika pengguna komputer hendak berhubungan dengan jaringan www
(world wide web) dengan menpunakan bantuan saluran telepon. Modern digunakan untuk menerjemahkan sinyal digital
yang dikirimkan dari komputer menjadi sinyal analog agar dapat diolah di
jaringan telepon dan sebaliknya. Secara
fisik modem terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:
1:
Modem eksternal (terletak di luar komputer)
2.
Modem internal (terletak di dalam komputer)
0 komentar:
Posting Komentar